Minggu, 28 Januari 2018

KETERAMPILAN MENULIS



1.      Apa pengertian menulis?
Ø  Menurut tarigan, 1986, Menulis adalah proses menggambarkan suatu bahasa sehingga pesan yang disampaikan penulis dapat di pahami pembaca. Menulis merupakan komunikasi tidak langsung yang berupa pemindahan pikiran atau perasaan dengan memanfaatkan struktur bahasa, dan kosakata dengan menggunakan simbol-simbol sehingga dapat dibaca seperti apa yang diwakili oleh simbol tersebut.
2.      Apa fungsi menerapkan pembelajaran menulis?
a.       Sebagai sarana untuk mengungkapkan diri yaitu untuk mengungkapkan perasaan hati seperti kegelisahan, keinginan dan amarah.
b.      Menulis mampu mengembangkan suatu pemahaman dan kemampuan menggunakan bahasa artinya dengan menulis seseorang akan selalu berusaha memilih bentuk bahasa yang tepat dan menggunkannya dengan tepat.
3.      Bagaimana mengintegrasikan struktur bahasa, kosa kata, ejaan, dan tanda baca dalam keterampilan menulis?
Ø  Ketika guru mengajarkan menulis kalimat, sekaligus guru juga mengajarkan tentang struktur bahasa, kosakata, ejaan, dan bagaimana cara menggunakan tanda baca, seperti titik, koma dan tanda tanya yang tepat. Hal ini disebabkan karena kalimat itu terdiri dari gabungan beberapa buah kata yang mengandung pengertian, diawali dengan huruf kapital dan diakhiri oleh tanda baca.
4.      Bagaimana penerapan kegiatan menulis berdasarkan rangsangan visual?
Ø  Penerapan kegiatan menulis berdasarkan ransangan visual dapat dilakukan dengan cara menyajikan gambar atau film yang membentuk rangkaian cerita dan siswa di minta untuk membuat karangan berdasarkan gambar atau film yang telah diperlihatkan.
5.      Sebutkan macam-macam faktor internal yang mempengaruhi keterampilan menulis?
Ø  Kurangnya minat menulis para pelajar
Ø  Kesulitan menuangkan ide
Ø  Malas membaca
6.      Bagaimana cara mengajarkan menulis pada siswa sekolah dasar?
a.       Pembelajaran menulis permulaan
Kegiatan ini biasa disebut dengan hand writing, yaitu cara merealisasikan simbol- simbol bunyi dan cara menulisnya dengan baik dan benar. Tujuan menulis permulaan adalah agar siswa dapat menulis kata-kata dan kalimat sederhana dengan tepat. Contoh tulisan abjad dan dapat berupa suku kata seperti su-ka, ma-ta, ha-rus, lu-ka serta dalam bentuk kalimat sederhana. Biasanya pada kelas rendah.
b.      Pembelajaran menulis lanjutan (pemahaman)
Pembelajaran menulis ini terdapat dikelas tinggi. Tujuan menulis lanjut adalah agar siswa mampu menuangkan pikiran dan perasaannya dengan bahasa tulis secara teratur dan teliti. Yang membedakan menulis permulaan dengan menulis lanjut adalah adanya kemampuan untuk mengembangkan skema yang ada yang telah diperoleh sebelumnya untuk lebih mengembangkan hal-hal yang akan ditulis. Teknik dan Model Pembelajaran Menulis Cerita berdasarkan butir-butir pembelajaran menulis di kelas tinggi terdapat ragam teknik pembelajaran menulis. Contohnya menulis puisi, pantun, cerita, cerpen dan sebagainya.
7.      Apa saja kegunaan menulis?
a.       Memberikan arahan, yakni memberikan petunjuk kepada orang lain dalam mengerjakan sesuatu, misalnya petunjuk cara menggunakan mesin, merangkai bunga, dan sebagainya
b.      Menjelaskan sesuatu, yakni memberikan uraian atau penjelasan tentang suatu hal yang harus diketahui orang lain, misalnya menjelaskan mengenai manfaat lari bagi kesehatan jantung
c.       Menceritakan kejadian, yakni memberikan informasi tentang sesuatu yang berlangsung di suatu tempat pada suatu waktu, misalnya menceritakan tentang perjuangan Sultan Hasanuddin
d.      Meringkaskan, yakni membuat rangkuman suatu tulisan sehingga menjadi lebih singkat, misalnya dari 150 halaman menjadi 10 halaman, maupun ide pokoknya tidak hilang.
e.       Meyakinkan, yakni tulisan berusaha meyakinkan orang lain agar setuju atau sependapat dengannya. Barangkali tujuan menulis yang paling umum digunakan adalah
8.      Apa saja teknik menulis?
a.       memperhatikan penggunaan huruf capital
b.      memperhatikan penggunaan huruf cetak miring
c.       memperhatikan penggunaan huruf cetak tebal
d.      menggunakan penempatan simbol-simbol dengan benar
e.       menggunakan ejaan sesuai EYD
9.      Sebutkan cara-cara mengajak siswa sd mau menulis dengan rapi!
a.       Ajarkan cara memegang pensil yang benar
b.      Menulis sesuai garis kertas
c.       Melatih dengan memulai satu huruf
d.      Melatih setiap hari agar otot tangan terbiasa menulis
e.       Belajar menulis tidak hanya di buku tapi juga di papan tulis
f.       Melatih anak menulis dengan permainan agar mereka tidak bosan. contohnya dengan maju satu persatu ke papan tulis ketika bermain spidol keliling
10.  Sebutkan strategi meningkatkan kemampuan menulis pada siswa SD!
a.       Guru dan orangtua memberikan media seperti buku yang membuat anak mau menulis. seperti : buku huruf dengan garis titik yang membuat anak menebalkan garisnya, buku bercerita ulang
b.      Pada kelas tinggi, guru bisa membiasakan anak meminta anak menulis sebuah karangan cerita dari gambar yang diberikan oleh guru tersebut
c.       Guru mengajak anak tidak hanya menulis huruf biasa tapi juga huruf sambung. agar anak tidak bosan dalam menulis dan dapat mengenal huruf sambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar