1.
Apa
pengertian menulis?
Ø Menurut tarigan, 1986, Menulis
adalah proses menggambarkan suatu bahasa sehingga pesan yang disampaikan penulis
dapat di pahami pembaca. Menulis
merupakan komunikasi tidak langsung yang berupa pemindahan pikiran atau
perasaan dengan memanfaatkan struktur bahasa, dan kosakata dengan menggunakan
simbol-simbol sehingga dapat dibaca seperti apa yang diwakili oleh simbol
tersebut.
2.
Apa
fungsi menerapkan pembelajaran menulis?
a.
Sebagai
sarana untuk mengungkapkan diri yaitu untuk mengungkapkan perasaan hati seperti
kegelisahan, keinginan dan amarah.
b.
Menulis
mampu mengembangkan suatu pemahaman dan kemampuan menggunakan bahasa artinya
dengan menulis seseorang akan selalu berusaha memilih bentuk bahasa yang tepat
dan menggunkannya dengan tepat.
3.
Bagaimana
mengintegrasikan struktur bahasa, kosa kata, ejaan, dan tanda baca dalam
keterampilan menulis?
Ø
Ketika
guru mengajarkan menulis kalimat, sekaligus guru juga mengajarkan tentang
struktur bahasa, kosakata, ejaan, dan bagaimana cara menggunakan tanda baca,
seperti titik, koma dan tanda tanya yang tepat. Hal ini disebabkan karena
kalimat itu terdiri dari gabungan beberapa buah kata yang mengandung
pengertian, diawali dengan huruf kapital dan diakhiri oleh tanda baca.
4.
Bagaimana
penerapan kegiatan menulis berdasarkan rangsangan visual?
Ø
Penerapan
kegiatan menulis berdasarkan ransangan visual dapat dilakukan dengan cara
menyajikan gambar atau film yang membentuk rangkaian cerita dan siswa di minta
untuk membuat karangan berdasarkan gambar atau film yang telah diperlihatkan.
5.
Sebutkan
macam-macam faktor internal yang mempengaruhi keterampilan menulis?
Ø
Kurangnya
minat menulis para pelajar
Ø
Kesulitan
menuangkan ide
Ø
Malas
membaca
6.
Bagaimana
cara mengajarkan menulis pada siswa sekolah dasar?
a.
Pembelajaran menulis permulaan
Kegiatan ini biasa disebut dengan hand writing, yaitu cara
merealisasikan simbol- simbol bunyi dan cara menulisnya dengan baik dan benar. Tujuan menulis permulaan adalah
agar siswa dapat menulis kata-kata dan kalimat sederhana dengan tepat. Contoh
tulisan abjad dan dapat berupa suku kata seperti su-ka, ma-ta, ha-rus, lu-ka
serta dalam bentuk kalimat sederhana. Biasanya pada kelas rendah.
b. Pembelajaran
menulis lanjutan (pemahaman)
Pembelajaran menulis ini terdapat dikelas tinggi. Tujuan
menulis lanjut adalah agar siswa mampu menuangkan pikiran dan perasaannya
dengan bahasa tulis secara teratur dan teliti. Yang membedakan menulis
permulaan dengan menulis lanjut adalah adanya kemampuan untuk mengembangkan
skema yang ada yang telah diperoleh sebelumnya untuk lebih mengembangkan
hal-hal yang akan ditulis. Teknik dan Model Pembelajaran Menulis Cerita
berdasarkan butir-butir pembelajaran menulis di kelas tinggi terdapat ragam
teknik pembelajaran menulis. Contohnya menulis puisi, pantun, cerita, cerpen
dan sebagainya.
7. Apa
saja kegunaan menulis?
a. Memberikan
arahan, yakni memberikan petunjuk kepada orang lain dalam mengerjakan sesuatu,
misalnya petunjuk cara menggunakan mesin, merangkai bunga, dan sebagainya
b. Menjelaskan
sesuatu, yakni memberikan uraian atau penjelasan tentang suatu hal yang harus
diketahui orang lain, misalnya menjelaskan mengenai manfaat lari bagi kesehatan
jantung
c. Menceritakan
kejadian, yakni memberikan informasi tentang sesuatu yang berlangsung di suatu
tempat pada suatu waktu, misalnya menceritakan tentang perjuangan Sultan
Hasanuddin
d. Meringkaskan,
yakni membuat rangkuman suatu tulisan sehingga menjadi lebih singkat, misalnya
dari 150 halaman menjadi 10 halaman, maupun ide pokoknya tidak hilang.
e. Meyakinkan,
yakni tulisan berusaha meyakinkan orang lain agar setuju atau sependapat
dengannya. Barangkali tujuan menulis yang paling umum digunakan adalah
8.
Apa saja teknik menulis?
a.
memperhatikan penggunaan huruf capital
b.
memperhatikan penggunaan huruf cetak
miring
c.
memperhatikan penggunaan huruf cetak
tebal
d.
menggunakan penempatan simbol-simbol
dengan benar
e.
menggunakan ejaan sesuai EYD
9.
Sebutkan cara-cara mengajak siswa sd
mau menulis dengan rapi!
a.
Ajarkan cara memegang pensil yang
benar
b.
Menulis sesuai garis kertas
c.
Melatih dengan memulai satu huruf
d.
Melatih setiap hari agar otot tangan
terbiasa menulis
e.
Belajar menulis tidak hanya di buku
tapi juga di papan tulis
f.
Melatih anak menulis dengan
permainan agar mereka tidak bosan. contohnya dengan maju satu persatu ke papan
tulis ketika bermain spidol keliling
10. Sebutkan
strategi meningkatkan kemampuan menulis pada siswa SD!
a.
Guru dan orangtua memberikan media
seperti buku yang membuat anak mau menulis. seperti : buku huruf dengan garis
titik yang membuat anak menebalkan garisnya, buku bercerita ulang
b.
Pada kelas tinggi, guru bisa
membiasakan anak meminta anak menulis sebuah karangan cerita dari gambar yang
diberikan oleh guru tersebut
c.
Guru mengajak anak tidak hanya
menulis huruf biasa tapi juga huruf sambung. agar anak tidak bosan dalam
menulis dan dapat mengenal huruf sambung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar